Sabtu, 04 April 2009

GARA-GARA BABI NGESOT

GARA-GARA BABI NGESOT
(pindahan dari blog ep-es)

Duuuuuuuuh hari terburuk sepanjang karier akademis kuw tlah terjadi. Sumpah biar IP pas-pasan dan eksistensiku di kampus meragukan, aku gakena D.O. ini smua gara-gara ”BABINGESOT sialan-nya ”RADITYA DIKA”. Hidupku benar-benar porak poranda dibuatnya. Yah begitulah. Si babi membuatku kehilangan harga diri.

Ini adalah aib seumur hidup bagiku. Aku tak tahu apa yang akan dipikirkan masyarakatjika mengetahuinya. Houftttt, pasti aku dikecam, ditekan,dan dipandang sinis oleh mereka. Sungguh sanksi sosial yang begitu berat dan kejam. Aku tidak siap menerimanya. Aku depresi dan putus asa.

Berawal dari kesalahan taman bacaan deket kos-an (SKRITZ) yang tidak kunjung menyediakan bukunya si blogger gila, ”RADITYA DIKA” berjudul ”BABI NGESOT” (sekuelnya ”KAMBING JANTAN” yg ke-4. Ude baca kan?). Karena beli buku itu rasanya ga worth, jadi kupikir pinjem dr taman bacaan adalah langkah yg jauh lebih tepat. Waktu itu si mas penjaga taman bacaan berdalih kalo bukunya dipinjem orang dan belum dibalikin berbulan-bulan. Finally, karena jengah menunggu begitu lama akupun memutuskan beli itu buku. Kalo ga, keburu out op date. Dan inilah perjalanan melelahkan yang penuh perjuangan itu.

Malam menjelang keberangkatan, akupun menimbang-nimbang beli di GRAMEDIA atw TOGA MAS. Problemnya adalah, siangnya pas mau berangkat temenku juga lagi butuh beli buku kuliah dan sialnya itu buku (yg versi terjemahan) ga avaible d GRAMED atopun TOGA dan kami-pun segera meluncur ke SHOPPING CENTRE walopun originalitas buku-buku jualannya teramat sangat diragukan.

”Ini bocah jauh-jauh dikuLiahin ke Jogja Cuma mw beli buku bajakan? Astaghfirullah..... apa jadinya masa depan UMY kalo mahasiswanya se-kualitas sm dia smua. Yaaaah sama saja denganku. ”—Cuma di hati—

Dengan penuh pertimbangan rasional (baca:penyakit kikir akhir bulan), kuw OK aja. Toh hemat pangkal kaya. Kaya foya-foya. Tua bahagia. Mati masuk sorga. Alangkah bahagianya!!!

Singkat cerita aku sama teman kikir-ku itu sampe ke SHOPPING dan mulai berburu buku-BABI NGESOT itu.

KIOS Pertama

AKU: Pak, ada bukunya Raditya Dika? (Ku sengaja menyebut pengarangnya. Jauh lebih etis daripada bertanya. “ADA BABI NGESOT” pak? Salah-salah disangka mw beli ham alias daging babi.)

TUKANG BUKU 1: (Bingung,mengingat-ingat siapa gerangan si Raditya Dika lalu menjawab dg penuh ke-sotoy-an) Raditya Dika, yang judulnya apa ya mbak?

AKU: BABI NGESOT pak.

TUKANG BUKU 1: Nggak ada tuh mbak (Dengan ekspresi penuh tanda tanya mengapa ada orang berburu BABI di toko buku).

KIOS Kedua

AKU: Mas, ada bukunya Raditya Dika?

TUKANG BUKU 2: Yang mana mbak??? (Kalo penjual ini kayaknya akrab sama buku-bukunya Raditya Dika, terlihat dari raut mukanya yang mulai bermetamorfosis menjadi idiot sejati)

AKU: (Tanpa sungkan-sungkan) BABI NGESOT.

TUKANG BUKU 2: Wa nggak ada mbak. Kalo yang lain mau? (mungkin maksudnya KAMBING JANTAN atau BRONTOSAURUS. Itu mah ude expired).

AKU: Ga mas,makasi

Kami-pun berlalu dengan gontai

Penjaga kios-kios berikutnya memasang wajah yang beraneka ragam. BINGUNG. HERAN. ANEH. SHOCK, sampe ada yang nanya judulnya berulang-ulang buat mastiin mereka ga salah denger-- ADAKAH BABI YANG BISA NGESOT????

KIOS Terahir yang kami datangi

Yang terakhir ini, mbak-mbak yg usianya skitar 26-28-an. Pake jilbab rapi nan rapat, bertutur kata lembut, layaknya wanita baik-baik.

AKU: Mbak, ada bukunya Raditya Dika?

MBAK-NYA: Raditya Dika??? (Asli, mbak ini mukanya kelihatan jujur pengen tanya adakah pengarang buku bernama Raditya Dika?)

AKU: Iya mbak, Raditya Dika. Yang ngarang KAMBING JANTAN.

MBAKNYA: (Semakin absurd)Judulnya apa mbak?--(Pertanyaan itu lagi).

AKU: BABI NGESOT mbak

Kali ini, si penjual bukan lagi tampak HERAN, ANEH, dan SHOCK. Tapi..........JIJIK. Matanya seolah berkata: “ NAJIS. Ya ALLAH, mengapa anak muda jaman sekarang sukanya nyari buku begituan? Oh,alangkah sedihnya. Ibu pertiwi pasti menangis disana, melihat generasi penerus bangsa ADU NGESOT sama BABI.”

Dan akupun......putus asa. Harga diriku runtuh. Jatuh. Oh,aku merasa hina,nista, dan teraniaya........................oleh seekor BABI.

=========

gracias, special tanks to seseorang yang harus turun kasta karena kupaksa menyertaiku berburu BABI

dan tentu saja...
rizty and suzY (lho...siapa ya?) atas dedikasi dan kerja kerasnya menyempatkan beli BABI NGESOT-ku ditengah kesibukan kalian yg begiTu padat mencari buku "TOK! TOK! TOK! Assalamu'alaikum".
Finally i've got the BABI

sehingga si "BABI" yang menang olimpiade "NGESOT" ini
jatuh ke tanganku jua akhirnya.

P.S. :
BAGI YANG INGIN MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA, silahkan baca buku ASSALAMU'ALAIKUM (high recommended)!
Jika menemui kendala finansial untuk membelinya, cukup meminjam ke:
RIESTYA ESTIKA -PSi UGM (ok teman?)
CP:0856488XXXXX
Jika si riesty ternyata begitu bahil,kikir, dan tidak mau meminjamkan buku-nya,
maka percayalah: ANDA MENEMUI ORANG YANG TEPAT.
Dialah Riesty!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar